Wednesday, February 20, 2008

Breeding pada Anjing Pomeranian

Pomeranian adalah anjing toy yang berjenis kecil dan aktif. Trah ini mempunyai bulu bagian dalam yang lembut dan tebal. Sedangkan, bagian luarnya bertekstur agak kasar, panjang dan lurus. Ekornya yang indah selalu berdiri tinggi dan lurus menghadap ke kepala. anjing ini sangat waspada, menunjukkan intelegensi yang tinggi, dapat menunjukkan apa yang dia inginkan dengan cara yang kita mengerti serta mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Saat dia berjalan, dia terlihat sangat cantik sehingga seakan-akan dia buatan. Anjing ini juga dapat diandalkan sebagai alarm dog .
Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda memutuskan untuk mengawinkan anjing betina anda karena merawat anjing hamil dan mengurus anakan bukan hal yang mudah tetapi harus dilakukan dengan rasa tanggung jawab yang besar. Dalam breeding, jangan anda lakukan semata-mata hanya karena uang. Jangan pernah berpikir kalau anakan anjing dapat menghasilkan uang yang banyak untuk anda. Anda harus memikirkan nasib anakan anjing yang telah anda hasilkan, apakah mereka dipelihara oleh orang yang bertanggung jawab dan apakah kesejahteraan hidup mereka baik.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan anjing harus dibreeding :
1. Penyakit
Anjing betina harus pernah dikawinkan dan mempunyai anak minimal satu kali dalam seumur hidupnya untuk mencegah penyakit kanker rahim atau kanker mamae (kelenjar susu). Jika anda tidak mau membreeding anjing betina dan sebaiknya dilakukan operasi pengangkatan rahim (sterilisasi) di usia muda atau sebelum anjing betina mendapat haid yang pertama.
2. Penerus keturunan
Umur anjing tidak sepanjang umur manusia, umumnya orang ingin mendapat anjing pengganti bila kelak anjingnya mati. Biasanya kita menginginkan anjing pengganti yang sifatnya dan fisiknya sama atau mendekati dengan anjing sebelumnya.
3. Meningkatkan kualitas
Biasanya dilakukan oleh seorang breeder yang ingin menghasilkan keturunan yang lebih baik lagi dalam segi anatomi dan sifat. Anjing betina yang memiliki anatomi dan sifat yang baik akan dikawinkan dengan anjing jantan yang mempunyai anatomi dan fisik yang lebih baik dari anjing betina untuk mendapatkan dan menyempurnakan anatomi dan fisik dari sang induk. Hal ini dilakukan terus menerus dan tidak akan pernah berhenti untuk menghasilkan anjing yang berkualitas tinggi.
Umur yang tepat untuk breeding
Umur yang tepat untuk breeding berbeda-beda untuk tiap rasnya. Menurut peraturan yang dibuat oleh Perkin, syarat umur minimal kawin pada anjing trah kecil adalah 12 bulan. Tetapi ada anjing ras tertentu yang pada saat umur tersebut belum menyelesaikan masa pertumbuhannya. Jadi umur yang tepat agar anjing dapat dikawinkan tanpa mengganggu pertumbuhannya yaitu untuk trah kecil dengan ukuran berat badan sampai 10 kg, minimal usia kawin yang baik adalah pada umur 1,5 tahun atau pada saat anjing mendapat loops (haid) yang ketiga.

sumber: vet-klinik

0 komentar:

Artikel yang terkait